Pengaruh Minat Belajar Siswa, Disiplin Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 1 Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Gideon, Saleleubajak (2018) Pengaruh Minat Belajar Siswa, Disiplin Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 1 Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12090043 GIDEON SALELEUBAJAK EROR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, 2) pengaruh disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, 3) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, 4) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, 5) pengaruh minat belajar siswa, disiplin belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan januari 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriftif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x berjumlah 114 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 89 orang, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis deskriftip dan analisis induktif yaitu uji maximum likehood, uji ramsey, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dimana nilai thitung untuk variabel minat belajar 2,625 dengan nilai signifikan 0,05. karena thitung> ttabel yaitu 2,625 > 1,663. 2) disiplin belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung 2,443 dengan nilai signifikan 0,05. karena thitung> ttabel yaitu 2,443 > 1,663. 3) aktivitas belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung 2,443 dengan nilai signifikan 0,05. karena thitung> ttabel yaitu 2,443 > 1,663.4) lingkunga keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung 3,211 dengan nilai signifikan 0,05. karena thitung> ttabel yaitu 3,211 > 1,663 . 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara minat belajar siswa, disiplin belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan lingkunga keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas x pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang ditunjukkan oleh nilai rhitung (2,828) > Ftabel (2,480) dengan berdasarkan nilai signifikan, terlihat pada kolom sig yaitu 0,011 ini berarti probabilitas 0,011 lebih < dari pada 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti minat belajar siswa, disiplin belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan 1) Diharapkan kepada siswa agar meningkatkan minat belajarnya baik di sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. 2) Diharapkan kepada siswa selalu menerapkan disiplin dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. 3) Diharapkan kepada siswa untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang sangat mendorong prestasi belajarnya. 4) Diharapkan kepada siswa yang berada dilingkungan keluarganya untuk berusaha menciptakan suasana belajar yang memotivasi prestasi belajarnya. Siswa harus selalu mengajak keluarganya paham tentang prestasi belajarnya yang akan dicapai. Apabila minat belajar siswa, disiplin belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan lingkungan keluarga sudah meningkat dan termotivasi, maka prestasi belajar siswa akan meningkat sesuai dengan harapan menjadi anak didik yang berkualitas dalam pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:07
Last Modified: 19 Jul 2018 04:07
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item