Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas X di MAN 3 Pasaman Barat.

Kurnia, Putri (2018) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas X di MAN 3 Pasaman Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14060063 KURNIA PUTRI (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (263kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memilih-milih teman bermain maupun belajar, adanya peserta didik yang acuh tak acuh jika ditegur guru, adanya peserta didik yang menunda waktu dalam menyelesaikan tugasnya, adanya peserta didik yang kurang menerapkan rasa empati terhadap temannya, adanya peserta didik yang tidak membuat pekerjaan rumah (PR), adanya peserta didik yang cabut,adanya peserta didik yang keluar masuk kelas di saat proses belajar mengajar, adanya peserta didik yang mengeluarkan kata-kata kasar kepada temannya, adanya peserta didik yang duduk-duduk di warung sekolah saat jam pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Kecerdasan emosional peserta didik kelas X di MAN 3 Pasaman Barat, 2) Kedisiplinan belajar peserta didik kelas X di MAN 3 Pasaman Barat, 3) Hubungan kecerdasan emosional dengan kedisiplinan belajar peserta didik kelas X di MAN 3 Pasaman Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi penelitian adalah 144 peserta didik yang dipilih dengan teknik Proposional Random sampling dengan 106 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan klasifikasi persentase dan kolerasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan belajar peserta didik kelas X di MAN 3 Pasaman barat dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas X di MAN 3 Pasaman Barat berada pada kategori cukup baik. 2) Kedisiplin Belajar Peserta Didik Kelas X di MAN 3 Pasaman Barat berada pada kategori cukup disiplin. 3) Terdapat hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kedisiplin Belajar Peserta Didik Kelas X di MAN 3 Pasaman Barat dengan koefesion kuat arah korelasi positif. Berdasarkan hasil penelitan ini direkomendaiskan kepada guru BK agar peserta didik mampu meningkatkan kecerdasan emosional supaya kedisiplinan belajar yang dilakukan peserta didik semakin baik sehingga dapat menjalankan kehidupan sehari-hari terutama dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 11 May 2019 01:33
Last Modified: 11 May 2019 01:33
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5719

Actions (login required)

View Item View Item