Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Konsep Diri Peserta Didik dan Implikasi dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Kelas VII SMP Negeri 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman.

Rahma, Elfiza (2018) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Konsep Diri Peserta Didik dan Implikasi dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Kelas VII SMP Negeri 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14060060 RAHMAELFIZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang malu menyampaikan pendapat di depan kelas, masih ada peserta didik yang malu bertanya kepada teman maupun guru, masih ada peserta didik yang merasa dirinya tidak menarik dari segi penampilan, masih ada peserta didik yang merasa dirinya tidak disukai dalam bergaul. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Gambaran dukungan sosial teman sebaya peserta didik. 2) Gambaran konsep diri peserta didik. 3) Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan konsep diri peserta didik. 4) Implikasi dalam layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif korelasi. Populasi penelitian adalah 115 peserta didik, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling sehingga menjadi 90 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentase dengan menggunakan rumus analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan konsep diri peserta didik di kelas VII SMP Negeri 1 Dua koto Kabupaten Pasaman dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Dukungan sosial teman peserta didik berada pada kategori cukup baik, 2) Konsep diri peserta didik berada pada kategori cukup baik, 3) Adanya hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan konsep diri peserta didik dengan arah hubungan yang positif, koefisien korelasi kuat. 4) Implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling memberikan layanan informasi, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling individual kepada peserta didik. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik yaitu terciptanya dukungan sosial antar teman sebaya, guru BK yaitu guru BK bisa memberikan layanan dalam rangka peningkatan konsep diri dalam hubungan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 11 May 2019 01:25
Last Modified: 11 May 2019 01:25
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5717

Actions (login required)

View Item View Item