Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing di Kelas X IPS 4 SMA Negeri 4 Pariaman.

Suci Yani, Wilandari (2018) Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing di Kelas X IPS 4 SMA Negeri 4 Pariaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14060048 SUCI YANI WILANDARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (258kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang datang tidak tepat waktu ke sekolah, yang main di warnet sehingga tidak masuk sekolah, yang menunggu teman untuk berangkat ke sekolah, kurangnya kesadaran peserta didik untuk meningkatkan kedisiplinan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan : 1) Gambaran kedisiplinan peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. 2) Gambaran kedisiplinan peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. 3) Tingkat keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkat kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 30 orang peserta didik dan sampelnya berjumlah 10 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentase dari data interval. Berdasarkan hasil penelitian tentang meningkatkan kedisiplinan peserta didik melalui bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Gambaran kedisiplinan peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berada pada kategori kurang disiplin. 2) Gambaran kedisiplinan peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berada pada kategori cukup disiplin. 3) Tingkat Keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 4 Pariaman tidak efektif karena Pre-test dan Post-test terjadi perubahan yang kurang signifikan t- test -3,258, apabila –thitung lebih kecil dari –ttabel (-3,258<1,833) maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan Berarti Ha ditolak dan H0 diterima, artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing tidak mampu memberikan peningkatan terhadap kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini di rekomendasikan kepada peserta didik untuk terus meningkatkan kedisiplinan belajarnya secara terus menenerus sehingga semua peserta didik dapat menjalani proses belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 10 May 2019 04:25
Last Modified: 10 May 2019 04:25
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5709

Actions (login required)

View Item View Item