Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learnign Cycle 5-E pada Materi Fotosintesis untuk Siswa SMP Kelas VIII, Skripsi

Linda, Mustika Sari (2018) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learnign Cycle 5-E pada Materi Fotosintesis untuk Siswa SMP Kelas VIII, Skripsi. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
12010003 LINDA MUSTIKA SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung di SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan pada kelas VIII telah menggunakan LKS. LKS yang digunakan oleh siswa dibeli dari penerbit. Materi fotosintesis masih digabungkan dengan materi gerak tumbuhan, reaksi fotosintesis yang dituliskan pada LKS terdapat kesalahan, materi tersebut tidak membahas tentang reaksi gelap dan reaksi terang yang ada pada fotosintesis. Tujuan pembelajaran yang ada tidak sesuai dengan indikator yang dijabarkan dari kompetensi dasar. Sehingga LKS yang digunakan tidak menarik bagi siswa. Sehubungan dengan itu dikembangkanlah bahan ajar LKS berbasis learning cycle 5-E untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKS berbasis learning cycle 5-E. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan yang penulis miliki. Tahap define terdiri dari analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan perancangan LKS berbasis learning cycle 5-E pada materi Fotosintesis, kemudian pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh validator yang terdiri dari 3 orang dosen dan 2 orang guru IPA SMP N 1 Lunang. Uji praktikalitas oleh 2 orang guru IPA dan 36 orang siswa SMP Negeri 1 Lunang kelas VIII. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis learning cycle 5-E oleh validator menunjukkan bahwa LKS berbasis learning cycle 5-E ini pada kriteria sangat valid 87,12% yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan komponen kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas LKS berbasis learning cycle 5-E oleh guru menunjukkan pada kriteria sangat praktis yaitu 85,71% dan hasil uji praktikalitas siswa 84,71% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Learning Cycle 5-E pada materi fotosintesis yang dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:19
Last Modified: 02 Jul 2018 02:19
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item View Item