Profil Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Belajar di SMPN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat.

Zulnovita, Riza (2018) Profil Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Belajar di SMPN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14060031 ZULNOVITA RIZA (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang tidak berani mengeluarkan pendapat pada saat proses belajar. Adanya peserta didik yang suka mencontek pada saat ujian. Adanya peserta didik yang tidak memiliki rasa percaya diri atau malu bertanya kepada guru tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti. Adanya peserta didik yang cenderung bergantung pada orang lain dalam membuat tugas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Profil kepercayaan diri peserta didik yang tidak mau mengekpresikan dirinya dalam bertanya dan berpendapat.2) Profil kepercayaan diri peserta didik yang cenderung bergantung pada orang lain dalam membuat tugas 3) Profil kepercayaan diri peserta didik yang suka mencontek dalam mengikuti ujian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif . Populasi penelitian adalah 107 peserta didik yang dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling sehingga menjadi 84 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik interval. Berdasarkan hasil penelitian tentang profil kepercayaan diri peserta didik dalam belajar di SMPN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. 1) Profil kepercayaan diri peserta didik yang tidak mau mengekspresikan dirinya dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat berada pada kategori cukup baik.2) Profil kepercayaan diri peserta didik yang cenderung bergantung pada orang lain dalam membuat tugas berada pada kategori cukup baik. 3) Profil kepercayaan diri peserta didik yang suka mencontek dalam mengikuti berada pada kategori cukup baik. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik, agar peserta didik dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dalam belajar seperti bertanya, mengeluarkan pendapat, membuat tugas sendiri dan percaya pada kemampuan sendiri sehingga hasil belajar peserta didik menjadi semakin baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 10 May 2019 02:06
Last Modified: 10 May 2019 02:06
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5697

Actions (login required)

View Item View Item