Kerjasama Guru BK dan Guru Mata Pelajaran Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMP N 4 Gunung Talang

Yacobus Natal, Kristian (2018) Kerjasama Guru BK dan Guru Mata Pelajaran Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMP N 4 Gunung Talang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13060088 YACABUS NATAL KRISTIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (199kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya kerjasama guru BK dan guru mata pelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk melihat kerjasama guru BK dan guru mata pelajaran dalam melakukan 1) Pengumpulan data, 2) Prognosis, 3) Treatment, dan 4) Evaluasi peserta didik untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Informan kunci dari penelitian ini adalah 2 orang guru BK, informan tambahan yaitu 5 orang guru mata pelajaran di SMP N 4 Gunung Talang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini dengan melakukan wawancara. Teknik analisis data ada tiga tahapan yaitu reduksi data yang mana ditahap ini dilakukan pengelompokan data yang relevan dengan tujuan dan fokus penelitian, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran pada pengumpulan data yaitu dengan menggunakan data yang sudah ada dari guru wali kelas seperti nilai hasil ujian semester dan UTS yang telah terkumpul. 2) Dalam tahap prognosis ini guru BK dan guru mata pelajaran masing-masing bekerja sendiri dalam memperkirakan akibat yang akan terjadi jika permasalahan yang dialami siswa tidak segera teratasi. 3) Kerjasama pada treatment yaitu masing-masing pihak baik guru BK maupun guru mata pelajaran mengalami kesulitan ketika menghadapi permasalahan yang tidak bisa diselesaikan hanya dengan peserta didik terkait saja sehingga masing-masing pihak perlu menjalin kerjasama dan atau melibatkan pihak lain. 4) Kerjasama yang terjalin dengan guru mata pelajaran adalah menjalin komunikasi dengan guru mata pelajaran untuk menggali informasi mengenai perubahan yang ditunjukan siswa selama mengikuti pelajaran baik dari sisi nilai maupun perilaku. Adapun rekomendasi yang dapat penulis berikan adalah hendaknya guru BK lebih aktif dalam mengadakan kerjasama dan komunikasi secara terbuka dengan guru mata pelajaran sehingga menghasilkan upaya bantuan yang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 08 May 2019 07:28
Last Modified: 08 May 2019 07:28
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5674

Actions (login required)

View Item View Item