Pengaruh Kemandirian Belajar, Kreativitas Belajar, Gaya Belajar Visual dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN5 Solok Selatan.

Rido Okta, Vianda (2018) Pengaruh Kemandirian Belajar, Kreativitas Belajar, Gaya Belajar Visual dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN5 Solok Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11090098 RIDO OKTA VIANDA ok plip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar, 2) pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar, 3) pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar, 4) pengaruh pendapatan orang tua terhadap hasil belajar, 5) pengaruh kemandirian belajar, kreativitas belajar, gaya belajar visual dan pendapatan orang tua secara bersama- mempengaruhi hasil belajar. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa ekonomi kelas X SMAN 5 Solok Selatan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling atau sampel berstrata tingkat pendidikan orang tua yang tinggi dan rendah yang dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 111 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,131. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung2,623 > ttabel sebesar 1,98260. Kedua kreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,244. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,617> ttabel1,98260. Ketiga gaya belajar visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,558. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 10,065 > ttabel sebesar 1,98260. Keempat pendapatan orang tua terhadap hasil belajar. Dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,039. Nilai koefisien ini signifikan karena nilaithitung, 2,249 > ttabel sebesar 1,98260. Kelima kemandirian belajar, kreativitas belajar, gaya belajar visual, dan pendapatan orang tua secara bersama- mempengaruhi prestasi belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 89,518> Ftabel 2,49 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R2sebesar 0,772 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemandirian, kreativitasbelajar, gayabelajar visual dan pendapatan orang tua mampu memberikan variasi kontribusi untuk mempengaruhi hasil belajar sebesar 0,772 atau 77,2%. Sedangkan sisanya 22,8% lagi dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan pada model penelitian ini. Untuk meningkatkan prestasi belajar disarankan agar dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, kreativitas belajar siswa, gaya belajar visual, dan pendapatan orang tua di X SMAN 5 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Jul 2018 03:32
Last Modified: 19 Jul 2018 03:32
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item