Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Lingkungan Teman Sebaya dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Siswa SMA N 2 Batang Anai Melanjutkan Pendidikan Keperguruan Tinggi di Kota Padang.

ELPIANA, ELPIANA (2018) Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Lingkungan Teman Sebaya dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Siswa SMA N 2 Batang Anai Melanjutkan Pendidikan Keperguruan Tinggi di Kota Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
1309209 ELPIANA ok plip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kecerdasan intelektual terhadap minat melanjutkan pendidikan. 2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap minat melanjutkan pendidikan. 3) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan. 4) pengaruh biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan pendidikan. 5) pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, lingkungan teman sebaya dan biaya pendidikan secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan pendidikan. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa di SMA N 2 Batang Anai. Sampel berjumlah 137 siswa dengan teknik pengambilan sampel berupa proporsional random sampling dengan teknik analisis deskriptif dan regresi linier barganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan inteletual berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,579. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 9,712 > ttabel sebesar 1,98. (2) kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar 0,281. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 8,496 > ttabel sebesar 1,98. (3) lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,316. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,174 > ttabel sebesar 1,98. (4) biaya pendidikan berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar 0,434. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,806 > ttabel sebesar 1,98. (5) kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, lingkungan teman sebaya dan biaya pendidikan berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan. Dimana diperoleh nilai Fhitung 139.781 > Ftabel 2,44. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, (1) kepada guru agar dapat mengenali potensi yang ada pada diri siswa dan agar guru dapat mengarahkan potensi yang dimiliki siswa kepada hal-hal positif. (2) kepada siswa agar dapat mengenali emosi-emosi yang ada dalam diri supaya tidak menjadi penghambat dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas dalam kehidupan, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. (3) kepada guru dan orang tua agar selalu memperhatikan lingkungan pertemanan baik dilingkungan sekolah maupun dirumah. (4) kepada orang tua agar mempersiapkan segala kebutuhan dalam segi materi. Karena tanpa biaya tidak mungkin pendidikan itu berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Jul 2018 03:10
Last Modified: 19 Jul 2018 03:10
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item