Pengembangan Bahan Ajar dalam bentuk Booklet Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Siswa SMP/MTs

Sri i, Wahyuni Safitri Dewi (2018) Pengembangan Bahan Ajar dalam bentuk Booklet Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Siswa SMP/MTs. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
11010281 SRI WAHYUNI SAFITRI DEWI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran IPA di kles VIII MTsN 3 Solok Selatan, digunakan buku paket kurikulum 2013 dengan ketersediaan yang masih kurang, disebabkan karena penerapan kurikulum 2013, dimana ketersediaan buku tersebut terbatas dan materi IPA yang disajikan sangat kompleks, ilustrasi gambar yang digunakan masih kurang, ada beberapa tampilan gambar dan keterangannya kurang jelas. Hal ini akan berpengaruh pada saat siswa memahami materi. Sehingga kendala yang dialami guru dalam proses pembelajaran yaitu guru harus bekerja keras dalam penyampaian materi supaya siswa dapat memahami materi dengan baik. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan maka telah dilakukan penelitian untuk Pengembangan bahan ajar dalam bentuk booklet pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk SMP/MTs. Penelitian bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas booklet yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini tahap disseminet tidak dilakukan. Pada tahap validasi produk, dilakukan oleh 2 orang dosen pendidikan Biologi, dan 2 orang guru IPA MTsN 3 Solok Selatan. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru IPA MTsN 3 Solok Selatan dan 35 orang siswa kelas VIII. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas booklet menunjukkan kriteria sangat valid dengan nilai 82,83%. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan Booklet sangat praktis dengan nilai 85,41%. Dan hasil uji praktikalitas oleh siswa sangat praktis dengan nilai 81,00%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar dalam bentuk booklet pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk siswa Kelas VIII yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:06
Last Modified: 02 Jul 2018 02:06
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item View Item