Hubungan Faktor Eksternal Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Padang

Elina, Afrina (2018) Hubungan Faktor Eksternal Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
11010241 ELINA AFRINA ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, tingkat pendidikan orang tua yang rendah, orang tua/wali jarang membimbing siswa belajar di rumah, relasi antar keluarga yang kurang baik, sikap guru yang mempengaruhi hasil belajar siswa, sarana dan prasarana sekolah yang mempengaruhi hasil belajar siswa, pengaruh teman pergaulan, kurangnya perhatian guru terhadap siswa, dan lingkungan masyarakat yang mendukung keberhasilan anak, serta keinginan siswa untuk datang ke sekolah tepat waktu sangat kurang, ini ditandai dengan masih banyak siswa yang datang terlambat ke sekolah, sehingga berdampak terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI, terlihat dari nilai Ulangan harian biologi tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor eksternal terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket (kuesioner). Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas XI IPA SMAN 9 Padang. Sedangkan Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Strata tingkat pendidikan dengan mengunakan taraf kesalahan 5%. nilai koefisien korelasi rhitung sebesar 0,184 termasuk dalam kategori “rendah”. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh faktor eksternal terhadap hasil belajar Biologi yang dapat dilihat dari nilai koefesien determinasi sebesar 3,4%. Hal ini menunjukkan bahwa faktor eksternal mempengaruhi hasil belajar. Untuk mengetahui apakah koefisien berarti atau tidak, maka hasil korelasi product moment tersebut di uji dengan uji signifikasi rumus t. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai thitung sebesar 2,002 dan nilai ttabel sebesar 1,658 pada taraf kepercayaan 5% (α=0,05) Karena nilai thitung>ttabel, artinya ada Hubungan Faktor Eksternal Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Padang. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang linear antara Faktor Eksternal Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Padang tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 30 Jun 2018 05:00
Last Modified: 30 Jun 2018 05:00
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item