Pengelolaan kelas oleh guru Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Pada Proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 22 Padang

Tika Nilam, Sari (2018) Pengelolaan kelas oleh guru Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Pada Proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 22 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11020126 TIKA NILAM SARI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
ABSTRAK.doc

Download (2MB)
[img] Text (Kesimpulan)
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (29kB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya mahasiswa PPLK di SMPN 22 Padang yang berasal dari program studi pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sumatera Barat dan diserahi tugas untuk mengajar di kelas VII yang menggunakan kurikulum 2013. Dalam menjalankan tugasnya, mahasiswa PPLK melakukan pengelolaan kelas. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada pengelolaan kelas oleh guru Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) pada proses pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 22 Padang. Tujuan penelitian adalah mendeskripkan pengelolaan kelas oleh guru Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Pada Proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 22 Padang. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan studi evaluatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Padang yang beralamat di Jalan Tutwuri Kelurahan Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017-2018. Informan penelitian adalah mahasiswa PPLK sebanyak 2 orang, wakil kepala sekolah dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Guru PL mengelola kondisi belajar yang optimal dengan cara mempersiapkan suasana kelas, kebersihan kelas sebelum memulai proses belajar mengajar, mengarahkan dan membimbing proses intelektual dan sosial siswa serta memimpin kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Pengelolaan kelas dalam membagi perhatian siswa yaitu dengan menggunakan model dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa tidak bosan dalam belajar. Guru PL dapat memusatkan perhatian kelompok kelas dalam proses pembelajaran kurang bisa memberi tanda bahwa kegiatan belum terlaksana dengan baik, sedangkan meminta pertanggungjawaban, menjaga kelancaran dan kecepatan dalam menyampaikan pembelajaran termasuk baik. Guru PL sudah melakukan pemberian petunjuk yang jelas sehingga siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Guru sudah menegur siswa yang menganggu proses pembelajaran, tidak pilih kasih dalam memberikan peringatan kepada siswa, tetapi guru tidak menegur siswa yang malas dalam belajar. Pengelolaan kelas dalam memberikan penguatan yaitu dengan cara memberikan contoh-contoh materi yang berasal dari lingkungan sendiri serta membawa buku penunjang, tetapi penguatan dilakukan pada siswa tertentu saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:45
Last Modified: 02 Jul 2018 03:45
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item