Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kasus Bullying Peserta Didik (Studi Kasus pada Peserta Didik di Kelas VIII MTsN 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam).

Firma, Yandi (2018) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kasus Bullying Peserta Didik (Studi Kasus pada Peserta Didik di Kelas VIII MTsN 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam). Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13060109 FIRMA YANDI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh adanya peserta didik yang sering dibully oleh teman sebaya di MTsN 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru BK dalam mengatasi kasus bullying peserta didik di MTsN 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam dilihat dari 1. Bullying fisik, 2. Bullying verbal, 3. Bullying mental/psikologis. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun informan kunci dari penelitian ini adalah 1 orang guru BK, kemudian informan tambahan yaitu orangtua dan teman dekat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ;1) Peran guru bimbingan dan konseling mengatasi kasus bullying dilihat dari segi fisik seperti menegur peserta didik yang melakukan bullying terhadap temannya dan memanggil kedua belah pihak dan memberikan sanksi kepada teman yang berbuat salah dan guru BK menindaklanjuti kasus tersebut, 2) Peran guru BK dilihat dari segi bullying verbal yaitu guru BK menasehati peserta didik ketika peserta didik lain menertawakan peserta didik lain dan guru BK memberikan konsekuensi terhadap setiap perlakuan tidak baik yang dilakukan oleh peserta didik, 3) Peran guru BK dilihat dari segi bullying mental/psikologis yaitu guru BK memanggil peserta didik yang bersangkutan dan melakukan konseling terhadap mereka. Berdasarkan hasil temuan penelitian direkomendasikan kepada peserta didik meminimalisir sikap dan tingkah laku yang diperbuat, kemudian bagi guru BK agar guru BK dapat membantu dan mengatasi permasalahan bullying yang terjadi di sekolah dan guru mata pelajaran diharapkan dapat mempermudah guru mata pelajaran memberikan arahan dan membentuk karakter peserta didik di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:05
Last Modified: 17 Jul 2018 04:05
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item