Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Pada Proses Pembelajaran Sejarah Di Kelasa X IPS SMA N I V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman

Rici, Yuliani (2018) Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Pada Proses Pembelajaran Sejarah Di Kelasa X IPS SMA N I V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11020098 RICI YULIANI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan bentuk penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Proses pembelajaran yang dulunya berpusat kepada guru, sekarang akan berpusat kepada siswa dengan satu pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan saintifik. Meskipun penerapan kurikulum 2013 ini sudah berjalan lama, namun dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan cara maupun pendekatan pembelajaran pada kurikulum sebelumnya atau kurikulum KTSP. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran sejarah di kelas X IPS SMA Negeri I V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman dan apa saja hamabata yang ditemukan dalam pelaksanaan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran sejarah di kelas X IPS SMA Negeri I V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Dalam penelitian ini, penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, adapun informan dalam penelitian ini yang terdiri dari wakil kurikulum, guru sejarah dan siswa SMA N I V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan Milles dan Hubermas yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanakan pendekatan saintifik fungsi guru hanya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, maka dari itu guru telah mampu melaksanakannya dalam proses pembelajaran, hal ini terbukti dengan adanya pertanyaan-pertanyaan setelah siswa melakukan kegiatan mengamati. Sehingga siswa terpancing aktif dalam proses pembelajaran. Dalam langkah menanya siswa telah melakukan dalam proses pembelajaran dimana siswa aktif dalam belajar. Selanjutnya dalam langkah mengumpulkan data siswa harus aktif mencari informasi dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya data yang di dapatkan baik dalam buku maupun lewat internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 30 Jun 2018 04:31
Last Modified: 30 Jun 2018 04:37
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item