Pengaruh Penggunaan Model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA N 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Muhammad, Fauzan (2018) Pengaruh Penggunaan Model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA N 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Skripsi Lengkap)
13080176 MUHAMMAD FAUZAN ok FLip.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, pemahaman siswa dalam keterampilan menulis teks eksposisi masih rendah, karena sebagian besar siswa kesulitan dalam menuangkan ide-ide untuk menulis teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan, Petama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 2 Batang Anai tanpa menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS). Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 2 Batang Anai dengan menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS). Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Batang Anai yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 215 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X.2 dan X.3 yang berjumlah 50 orang.Variabel penelitian ini adalah penggunaan model Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks eksposisi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah hasil tes unjuk kerja menulis teks eksposisi siswa tanpa dan menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, keterampilan menulis tesk eksposisii siswa kelas X SMA N 2 Batang Anai tanpa menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan nilai rata-rata 65,67 pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 2 Batang Anai dengan menggunakan model Two Stay Two stray (TSTS) dengan nilai rata-rata 79,32 pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Two Stay Two Stray terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman dengan thitung 3,09> ttabel 1,71. Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, model Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:02
Last Modified: 16 Jul 2018 07:02
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item