Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Di SMP N 30 Padang

Wydia, Pratikka Kumala (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Di SMP N 30 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
11010192 WYDIA PRATIKKA KUMALA ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu, siswa kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung, hanya sebagian siswa yang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan sulitnya siswa dalam memahami materi klasifikasi makhluk hidup seperti siswa dituntut mampu memahami dan menjelaskan sub materi tentang kunci determinasi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar biologi adalah model pembelajaran kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisio (STAD). Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif, kognitif, psikomotor kelas VII Di SMPN 30 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 30 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes tertulis dengan bentuk soal objektif. Analisis data digunakan dengan uji-t. Hasil dari analisis tes akhir terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki nilai skor rata-rata 2,55 dengan predikat C+ dan kelas kontrol 2,44 dengan predikat C+. Uji hipotesis diperoleh thitung = 0,81 dan ttabel = 1,66. Dengan demikian thitung < ttabel maka hipotesis ditolak. Nilai rata-rata pada ranah afektif untuk kelas eksperimen diperoleh nilai modus 3,77 dengan predikat A- dan kelas kontrol diperoleh nilai modus 3,59 dengan predikat A-. Ranah Psikomotor pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata capaian optimum 3,82 dengan predikat A- sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata capaian optimum 3,34 dengan predikat B+. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah afektif dan ranah psikomotor namun pada ranah kognitif tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 30 Padang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 30 Jun 2018 04:03
Last Modified: 30 Jun 2018 04:03
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item