Upaya Orang Tua Dalam Mengatasi Anaknya Yang Kecanduan Game Playstation di Jorong I Siguhung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Fitria, Syari (2016) Upaya Orang Tua Dalam Mengatasi Anaknya Yang Kecanduan Game Playstation di Jorong I Siguhung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12070192 FITRIA SYARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (192kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB)

Abstract

Playstation merupakan jenis game elektronik yang sangat disukai anak-anak maupun remaja di zaman sekarang, karena di playstation tersebut terdapat berbagai macam jenis permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak maupun remaja, sehingga menyebabkan anak-anak maupun remaja menjadi kecanduan dalam bermain game playstation tersebut. Akibat anak kecanduan tersebut maka banyak kegiatan anak maupun remaja yang terbengkalai yang menyangkut urusan sekolahnya, seperti anak cabut dari sekolah, dan juga melawan atau marah kepada orang tua apabila keinginannya untuk bermain game playstation tidak terpenuhi. Sehingga yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya orang tua dalam mengatasi anaknya yang kecanduan game playstation di Jorong I Siguhung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya orang tua dalam mengatasi anaknya yang kecanduan game playstation di Jorong I Siguhung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, adapun teori yang digunakan adalah teori Struktural Fungsional menurut Robert K. Merton, dimana dalam teori Structural Fungsional menurut Robert K. Merton, merton mempunyai 2 pemikirannya yaitu adanya disfungsi (struktur atau institusi dapat menyumbang pemeliharaan bagian-bagian lain dari sistem sosial, struktur, atau institusi pun dapat menimbulkan akibat negatif terhadap sistem social), dan juga ada konsep fungsi manifest (nyata) dan laten (tersembunyi). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Informan dalam penelitian berjumlah sebanyak 17 orang, yang terdiri dari informan orang tua 9 (sembilan) orang, informan anak 8 (delapan) orang. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Unit analisisnya dalam penelitian ini adalah kelompok yang terdiri dari keluarga yaitu (ayah, ibu, dan anak). Analisis data yang dilakukan dalam penelitian menggunakan analisis data model interaktif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya orang tua dalam mengatasi anaknya yang kecanduan dalam bermain game playstation diantaranya : 1. Memberikan kesibukan kepada anak, diantaranya dapat dilakukan dengan, a) membelikan buku bacaan untuk anak, b) membelikan CD film kesukaan anak, c) mengajak anak untuk mengikuti les di luar dari jam sekolah, 2. Berekreasi/liburan bersama anak, 3. Memberikan sanksi kepada anak (mengurangi uang jajan anak)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 28 Dec 2018 10:25
Last Modified: 28 Dec 2018 10:25
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4598

Actions (login required)

View Item View Item