Persuasi pada Iklan Radio Pesona FM Padang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatetra Barat.

Bambang, Kurniawan (2016) Persuasi pada Iklan Radio Pesona FM Padang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatetra Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11080307 BAMBANG KURNIAWAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Pertama adanya pendayagunaan bahasa pada iklan-iklan radio Pesona FM Padang yang perlu dipahami dari sudut pandang persuasi. Kedua, bentuk persuasi pada iklan-iklan radio Pesona FM Padang ajakanya perlu dipahami dalam bentuk langsung dan tersirat. Ketiga, adanya daya tarik pada iklan-iklan radio Pesona FM Padang yang sengaja dibuat oleh pembuat iklan guna mempersuasi pendengar, untuk itu perlu pengkajian bahasa dari sudut pandang persuasi agar dapat dipahami bagaimana daya tarik tersebut dapat mempersuasi pendengar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah iklan radio Pesona FM Padang yang disiarkan pada glombang radio 105,0 MHz. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode simak dilanjutkan dengan rekam bebas libat cakap dan dianalisis dengan mengunakan metode padan pilah unsur penentu. Data dikumpulkan sejak tanggal 15 desember 2015 sampai 15 januari 2016 sebanyak 14 iklan. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami persuasi pada iklan radio Pesona FM Padang. Adapun persuasi tersebut dipahami dengan membahas kalimat yang memuat ajakan, bujukan (persuasif) pada iklan dengan teori tindak tutur. Selanjutnya daya tarik iklan pada iklan untuk mempengaruhi pendengar iklan radio Pesona FM Padang. Dari penelitian ini ditemukan bahwasanya iklan-iklan yang disiarkan di radio Pesona FM Padang banyak terdapat kalimat yang mengajak, membujuk (persuasif) pendengar dengan memanfaatkan tuturan lansung literal dan tuturan lansung tidak literal. Selain itu untuk mempengaruhi pendengar agar menuruti pesan persuasif baik itu sebagi calon pembeli atau pengguna jasa, iklan-iklan pada radio Pesona FM banyak memanfatkan daya tarik iklan. daya tarik tersebut meliputi daya tarik informasional, emosional dan kombinasi. Dari pernelitian ini detemukan kalimat yang mengajak, membujuk (persuasif) pendengar dengan mengunakan tuturan langsung literal sebanyak 18 data, kalimat yang memuat ajakan, bujuak (persuasif) deengan maksud tuturan langsung tidak literal sebanyak 4 data. Adapun daya tarik yang ditemukan berupa 15 daya tarik informasional, 5 daya tarik emosional dan 15 daya tarik kombinasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 28 Dec 2018 01:29
Last Modified: 28 Dec 2018 01:29
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4538

Actions (login required)

View Item View Item