Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menuliskan Kembali Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan

Kiki, Listiawati (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menuliskan Kembali Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080162 KIKI LISTIAWATI ok Flipping.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga masalah, yaitu (1) siswa masih kurang mengguasai kosa kata sehingga agak lambat dalam keterampilan menuliskan kembali dongeng, (2) siswa masih kesulitan dalam menuangkan ide yang ada di dalam pikirannya, (3) siswa kurang memahami unsur-unsur yang terdapat di dalam dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) mendeskripsikan keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan model Cooperative Script, (2) mendeskripsikan keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan sesudah menggunakan model Cooperative Script, (3) mendeskripsikan Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menuliskan Kembali Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posstest Desaign. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.D SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 28 siswa. Data dianalisis dan kemudian dilakukan uji-t untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Data dalam penelitian ini adalah lembaran hasil kerja keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan sebelum dan sesudah pengaruh model pembelajaran Cooperative Script Hasil penelitian ini adalah Pertama, keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Script memperoleh nilai rata-rata 60,70 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup (C). Kedua, keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Script memperoleh nilai rata-rata 79,35 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan menuliskan kembali dongeng kelas VII SMP Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan karena thitung ( ) > ttabel (1,70)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 16 Jul 2018 02:09
Last Modified: 16 Jul 2018 02:09
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item