Kepadatan Populasi Kepiting Bakau (Scylla serrata Forskal) Pada Kawasan Hutan Mangrove di Desa Pasar Gompong Kenagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Repi, Zalma (2018) Kepadatan Populasi Kepiting Bakau (Scylla serrata Forskal) Pada Kawasan Hutan Mangrove di Desa Pasar Gompong Kenagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
11010148 REPI ZALMA ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kepiting bakau merupakan salah satu komoditas perikanan yang bernilai ekonomis dan memiliki gizi yang tinggi. Salah satu daerah penghasil kepiting bakau adalah kawasan mangrove Desa Pasar Gompong Kenagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Menurunnya hasil tangkapan dan berkurangnya populasi kepiting bakau disebabkan pengambilan oleh masyarakat semakin meningkat, penebangan pohon mangrove dan alih fungsi lahan sehingga mempengaruhi habitat kepiting bakau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepadatan populasi kepiting bakau (Scylla serrata Forskal) Pada kawasan Hutan mangrove di Desa Pasar Gompong Kenagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2017 di kawasan mangrove Desa Pasar Gompong Kenagarian Kambang Barat KecamatanLengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah survey deskriptif dengan metode purposive random sampling. Lokasi penelitian dibagi menjadi 3 stasiun yaitu stasiun I pada lahan kosong yang tidak ditumbuhi mangrove, stasiun II pada kondisi mangrove yang rusak akibat penebangan dan stasiun III pada kondisi mangrove alami.Kepiting bakau ditangkap dengan menggunakan alat bubu. Perangkap dipasang sebanyak 30 buah yang diletakkan secara acak. Pada masing- masing stasiun diletak kan perangkap sebanyak 10 buah. Hasil penelitian didapatkan bahwa Kepadatan Populasi Kepiting Bakau (Scylla serrata Forskal) Pada kawasan Hutan mangrove di Desa Pasar Gompong Kenagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan adalah 0,93 individu/perangkap. Hasil pengukuran faktor fisika-kimia perairan di kawasan mangrove Desa Pasar Gompong Kenagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan masih mendukung untuk kehidupan kepiting bakau (Scylla serrata Forskal).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 30 Jun 2018 03:40
Last Modified: 30 Jun 2018 03:40
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item