Buya H. Azwar Munaf Tokoh Pendidikan Islam di Kenagarian Barung-barung Balantai Selatan Tahun 1996-2007

Adgun, Putra (2016) Buya H. Azwar Munaf Tokoh Pendidikan Islam di Kenagarian Barung-barung Balantai Selatan Tahun 1996-2007. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12020033 ADGUN PUTRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (286kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (278kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang biografi Buya H. Azwar Munaf Tokoh Pendidikan Islam di Kenagarian Barung-barung Balantai Selatan Tahun 1996-2007. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain:(1) Bagaimana latar belakang kehidupan Buya H. Azwar Munaf sebagai tokoh pendidikan Islam di Barung-barung Balantai Selatan.(2) Bagaimana peranan Buya H. Azwar Munaf dalam mengembangkan pendidikan Islam di Barung-barung Balantai Selatan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengungkapkan latar belakang kehidupan Buya H. Azwar Munaf sebagai seorang ulama dan tokoh pendidikan Islam di Barung-barung Balantai Selatan. (2) Untuk mengetahui peranan Buya H. Azwar Munaf dalam mengembangkan pendidikan Islam di kenagarian Barung-barung Balantai Selatan. Bentuk penulisan skripsi ini adalah biografi tematis, yaitu penulisan biografi yang dibatasi peran Buya H. Azwar Munaf sebagai tokoh pendidikan Islam.Penelitian ini menggunakan empat tahap penelitian sejarah yaitu Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Tahap (1) Heuristik adalah pengumpulan data, mencari dan menyimpulkan sumber yaitu sumber tulisan dan sumber lisan. Sumber tulisan berupa dokumen, arsip sedangkan sumber lisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara. Tahap (2) Melakukan kritik terhadap sumber yang telah didapatkan dan kemudian diberi pemahaman terhadap sumber tersebut sehingga diperoleh fakta sejarah. Tahap (3) Interpretasi data yaitu data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diinterpretasikan dengan cara menghubungakan data dan membandingkan fakta-fakta yang diteliti sehingga terdapat fakta yang siap disajikan. Tahap (4) Historiografi yaitu penulisan dalam bentuk karya ilmiah yang ditulis dalam bentuk skripsi. Hasil penelitian yang diperoleh dilapangan menerangkan bahwa:Buya H. Azwar Munaf merupakan seorang tokoh pendidikan Islam di kenagarianBarung-barung Balantai Selatan. Buya H. Azwar Munaf adalah seorang ulama yang berhasil memberikan kemajuan pendidikan Islam di kenagarian Barung-barung Balantai Selatan. Buya H. Azwar Munaf bersama-sama dengan masyarakat Barung-barung Balantai Selatan telah berhasil mempelopori terciptanya sekolah agama gratis tanpa ada pungutan biaya. Berdirinya Pondok Pesantren Iqra’ tidak lepas dari peran Buya H. Azwar Munaf telah dapat melapangkan dan meringankan masyarakat yang tidak mampu untuk menyekolahkan anak-anaknya. Kemajuan yang dicapai Pondok Pesantren Iqra’ juga tidak bisa lepas dari kepemimpinan Buya H. Azwar Munaf hal ini di karenakan Buya H. Azwar merupakan pimpinan dari Pondok Pesantren Iqra’

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CT Biography
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 26 Dec 2018 08:52
Last Modified: 26 Dec 2018 08:52
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4481

Actions (login required)

View Item View Item