Pengaruh Penggunaan Model Explicit Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota

Angel, Anjani (2018) Pengaruh Penggunaan Model Explicit Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080150 ANGEL ANJANI ok Flipping.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan. Pertama, keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VIII masih tergolong rendah. Kedua, banyak kesulitan yang dialami siswa dalam menulis surat dinas seperti, kesulitan dalam menuangkan ide, kurang memahami bagian-bagian dari surat dinas. Ketiga, kurang bervariasinya metode yang digunakan oleh guru, salah satu metode yang digunakan oleh guru adalah metode diskusi dan pemberian tugas. Keempat, dengan teknik diskusi yang diterapkan, siswa sulit memahami pelajaran menulis surat dinas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan siswa dalam menulis surat dinas sebelum menggunsksn model Explicit Instruction, mendeskripsikan keterampilan siswa menulis surat dinas sesudah menggunakan model Explicit Instruction, dan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Explicit Instruction terhadap keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posstest Desaign. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh yang berjumlah 25 siswa. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota sebelum dan sesudah menggunakan model Explicit Instruction. Hasil penelitian ini adalah Pertama, keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kceamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota sebelum menggunakan model Explicit Instruction memperoleh nilai rata-rata 59,32 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis surat dinas siswa kelas SMP Negeri 1 Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota sesudah menggunakan model Explicit Instruction memperoleh nilai rata-rata 68,99 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi (LdC). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Explicit Instruction terhadap keterampilan menulismenulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota karena thitung (6,45) > ttabel (1,71).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 14 Jul 2018 04:24
Last Modified: 14 Jul 2018 04:24
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item