Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Kemampuan Membaca Teks Biografi Siswa Kelas VIII MTs Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat

Tiara, Dwis Siska (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Kemampuan Membaca Teks Biografi Siswa Kelas VIII MTs Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080145 TIARA DWIS SISKA ok flipp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) siswa kurang paham dengan teks biografi karena siswa menganggap teks biografi lebih sulit dibandingkan dengan teks lainnya. (2) setelah membaca teks biografi siswa kesulitan memahami struktur teks biografi karena kurangnya pengetahuan siswa terhadap materi yang dibahas. (3) kurangnya motivasi diri dari siswa untuk belajar dikarenakan siswa masih memanfaatkan waktu untuk bermain di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan membaca teks biografi siswa kelas VIII MTs Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw. (2) mendeskripsikan kemampuan membaca teks biografi siswa kelas VIII MTs Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat sesudah menggunakan model pembelajaran jigsaw. (3) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan membaca teks biografi siswa kelas VIII MTs Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberi data secara maksimal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 112 orang. Sampel dalam Penelitian ini berjumlah 28 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif. Berdasarkan analisis data, maka hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) kemampuan membaca teks biografi siswa kelas VIII3 MTs Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata 77,62 berada pada rentangan 76-85%. (2) kemampuan membaca teks biografi siswa kelas VIII3 MTs Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat sesudah menggunakan model pembelajaran jigsaw secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata 84,88 berada pada rentangan 76-85%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan membaca teks biografi siswa kelas VIII3 MTs Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (3,90) > ttabel (1,70), sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Jadi dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan membaca teks biografi siswa kelas VIII MTs Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran Jigsaw.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 14 Jul 2018 04:07
Last Modified: 14 Jul 2018 04:07
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item