Korelasi Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IPS di STKIP PGRI Sumatera Barat

Lora Afrila, Lora (2016) Korelasi Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IPS di STKIP PGRI Sumatera Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12070228 LORA AFRILA SEPRIANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB)

Abstract

Unit kegiatan mahasiswa merupakan tempat mengembangkan minat, bakat, keterampilan, dan potensi mahasiswa. Di dalam unit kegiatan mahasiswa ini mereka akan memperoleh pengalaman yang bermanfaat, seperti penggalaman berorganisasi, berinteraksi lebih banyak dengan sesama mahasiswa maupun dosen, mengemban tangung jawab, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan mengemukakan pendapat. Diharapkan dengan mahasiswa aktif dalam berorganisasi dan berbagai penggalaman yang diperolehnya hal tersebut akan berpenggaruh positif terhadap hasil belajar nya. Namun pada kenyataan banyak kasus yang sudah melekat pada diri seorang aktivis, di mulai kegagalan dalam perkuliahan, seperti tidak lulus di mata kuliah tertentu dan indeks prestasi kumulatif rendah. Penelitian ini mengunakan teori behaviorisme, teori behaviorisme melihat perubahan tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi keaktifan berorganisasi terhadap mahasiswa IPS di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, bertipekan ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa IPS yang aktif dalam organisasi di STKIP PGRI Sumatera Barat tahun ajaran 2015-2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Validitas instrument dianalisis dengan rumus pearson product moment dan reliabelitasnya dihitung dengan rumus alpha. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dihitung dengan rumus korelasi product moment dengan taraf signifikan nya 0.05. Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan berorganisasi terhadap hasil belajar mahasiswa IPS di STKIP PGRI Sumatera Barat. Ini ditunjukan dengan nilai r hitung (4.15) lebih besar dari r tabel (1.67). yang berarti ini r hitung > r tabel. Keaktifan berorganisasi memiliki konstribusi terhadap hasil belajar mahasiswa IPS STKIP PGRI Sumatera Barat sebesar 49.71% dan sisanya 50.29% ditentukan oleh variabel lain. Kata Kunci: Keaktifan Mahasiswa, Organisasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 21 Dec 2018 09:08
Last Modified: 21 Dec 2018 09:08
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4417

Actions (login required)

View Item View Item