Kemampuan Menyimak Dongeng dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VII SMP N 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan

Nadia, Nadia (2018) Kemampuan Menyimak Dongeng dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VII SMP N 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Skripsi Lengkap)
13080143 NADIA ok flip.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan menyimak dongeng siswa kelas VII SMP N 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menyimak dongeng dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 24 orang,. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif. Analisis data yang digunakan adalah analisi rata-rata. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata hitung sebesar 82,29. Dari tes dapat diketahui bahwa; Pertama, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual pada indikator tema dikategorikan baik sekali dengan rata-rata hitung sebesar 87,50. Kedua, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual pada indikator amanat dikategorikan baik dengan rata-rata hitung sebesar 80,21. Ketiga, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual pada indikator alur dikategorikan baik sekali dengan rata-rata hitung sebesar 76,89. Keempat, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual pada indikator tokoh dan penokohan dikategorikan baik dengan rata-rata hitung sebesar 76,89 Kelima, kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir menyimak dogeng yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual pada indikator latar dikategorikan baik dengan rata-rata hitung sebesar 79,17.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 14 Jul 2018 03:08
Last Modified: 14 Jul 2018 03:08
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item