Kesiapan Siswa Kelas XI IPS SMA N 7 Solok Selatan Dalam Mengikuti Pembelajaran Sejarah Secara Efektif

Dona, Rios (2018) Kesiapan Siswa Kelas XI IPS SMA N 7 Solok Selatan Dalam Mengikuti Pembelajaran Sejarah Secara Efektif. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11020060 DONA RIOS ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang tidak siap mengikuti proses belajar mengajar. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada kesiapan siswa kelas XI IPS SMA N 7 Solok Selatan dalam mengikuti pembelajaran sejarah secara efektif. Tujuan penelitian adalah menggambarkan kesiapan siswa kelas XI IPS SMA N 7 Solok Selatan dalam mengikuti pembelajaran Sejarah secara efektif Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif, penelitian dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 7 Solok Selatan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019. Informan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru Sejarah yang mengajar di kelas XI IPS SMA Negeri 7 Solok Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan fisik siswa kelas XI IPS SMAN 7 Solok Selatan untuk mengikuti pelajaran umumnya cukup baik dengan persentase 61,17%, karena hampir seluruh siswa kondisi kesehatan baik sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Kesiapan psikis siswa kelas XI IPS SMAN 7 Solok Selatan untuk mengikuti pembelajaran Sejarah sangat baik dengan persentase 81,25%. Karena siswa punya hasrat untuk belajar, memiliki konsentrasi, menyesuaikan diri dengan teman-temannya dan percaya diri ketika didalam kelas. Kesiapan materil dan pengetahuan siswa kelas XI IPS SMA N 7 Solok Selatan untuk mengikuti pembelajaran sangat baik dengan persentase 81,88%, karena siswa kelas XI IPS SMA N 7 Solok Selatan membaca buku sebelum mengikuti pelajaran, mempunyai catatan, mencari materi dari koran atau berita dan menghafal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 30 Jun 2018 04:03
Last Modified: 30 Jun 2018 04:03
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item