Motif Usaha Pedagang Bagasi Sale Di Kota Padang (Studi Kasus Pedagang Bagasi Sale Di GOR H. Agus Salim Padang)

Fitria Herman, Fitria (2016) Motif Usaha Pedagang Bagasi Sale Di Kota Padang (Studi Kasus Pedagang Bagasi Sale Di GOR H. Agus Salim Padang). Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12070096 FITRIA HERMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (271kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (183kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh motif usaha pedagang bagasi sale. Pedagang bagasi sale adalah mereka yang berdagang menggunakan mobil pribadinya untuk berdagang dengan membuka bagian belakang mobilnya yang dijadikan sebagai atap. Salah satu tempat yang menjadi favorit pedagang bagasi sale yaitu di area GOR H. Agus Salim Padang. Barang dagangan yang dijual oleh pedagang bagasi sale berupa baju, celana, jilbab, sendal atau sepatu dan jenis-jenis minuman dan makanan. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan motif usaha pedagang bagasi sale di GOR H. Agus Salim Padang 2. Mendeskripsikan pola dagang bagasi sale di GOR H. Agus Salim. Teori yang digunakan adalah teori Tipe Ekonomi Pasar menurut Geertz. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dangan tipe deskriptif. Informan pada penelitian ini 12 orang yaitu pedagang bagasi sale di GOR H. Agus Salim Padang, pembeli pedagang bagasi sale GOR H. Agus Salim Padang, pengurus GOR H. Agus Salim Padang. Pemilihan informan pada penelitin ini menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data berupa observasi (non participant ), wawancara mendalam dan studi dokumen. Unit analisinya individu. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis Miles dan Huberman, data disajikan dalam empat tahap 1. Pengumpulan Data 2. Reduksi Data 3. Penyajian Data 4. Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, motif usaha pedagang bagasi sale adalah untuk menghemat waktu, modal dan biaya dan adanya motif nilai. Dan pola dagang pedagang bagasi sale: 1. Pola mekanisme barang dan jasa 2. Pola mekanisme pengatur haga barang 3. Ciri sosial dan kebudayaan. Kata kunci: Motif, Pedagang Bagasi Sale

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 20 Dec 2018 03:26
Last Modified: 20 Dec 2018 03:26
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4288

Actions (login required)

View Item View Item