Hubungan Lingkungan Keluarga dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan.

Pardo, Wandra (2018) Hubungan Lingkungan Keluarga dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14030024-PARDO WANDRA Ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI SMA Negeri 1 Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya kepedulian orang tua kepada siswa, suasana rumah yang kurang mendukung siswa untuk belajar, yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar hubungan lingkungan keluarga dan disiplin belajar dengan hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lunang kecamatan lunang kabupaten pesisir selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lunang tahun ajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 117 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan data angket. Analisis data menggunakan: analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat: (1) Terdapat hubungan signifikan dan positif antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar Geografi dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,433 dan nilai thitung 4,417 >ttabel 1,99 dengan nilai sig 0,000< α 0,05. (2) Terdapat hubungan signifikan dan positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar Geografi dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,412 dan nilai thitung 4,045> ttabel 1,99 dengan nilai signifikan 0,000< α 0,05. (3) Terdapat hubungan signifikan dan positif antara lingkungan keluarga dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Geografi dengan koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,497 dan nilai Fhitung 12,949 >Ftabel 3,12 dan sig 0,000 < α 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga dan disiplin belajar berhubungan dengan hasil belajar, semakin baik lingkungan keluarga dalam proses pembelajaran di rumah maupun di sekolah dan semakin baik disiplin belajar siswa di rumah maupun di sekolah, maka hasil belajar siswa akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 13 Jul 2018 04:37
Last Modified: 13 Jul 2018 04:37
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item