Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Selvi, Dian Permata Sari (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080095 SELVI DIAN PERMATA SARI ok flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulab.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, siswa kurang terampil dalam menulis teks deskripsi. Kedua, sulit membedakan antara tema dengan judul. Ketiga, siswa tidak bisa mengembangkan pokok pikiran dari tema yang diberikan guru. Keempat kurangnya minat siswa dalam menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan media gambar serta pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 2 Bayang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan penelitian eksperimen yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas pretest dan posttest. Jumlah populasi penelitian ini 104 orang dan sampel penelitian ini sebanyak 26 orang yaitu kelas VII3 dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka hasil penelitian ini adalah. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata kelas 52,98 berada pada rentangan 46-55% kualifikasi Hampir Cukup (HC). Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 77,38 berada pada rentangan 76 - 85% kualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan8,23 media gambar terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Karena thitung > ttabel ( > 1,71).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 13 Jul 2018 03:45
Last Modified: 13 Jul 2018 03:45
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item View Item