Pengaruh Cara Belajar dan Iklim Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Batang Anai. Skripsi.

Enema, Nugral (2018) Pengaruh Cara Belajar dan Iklim Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Batang Anai. Skripsi. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img]
Preview
Text (Skripsi Lengkap)
13030143 ENEMA NUGRALok Flip.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA N 1 Batang Anai, sedangkah cara belajar siswa cukup baik dan iklim sekolah juga kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh cara belajar, 2) Pengaruh iklim sekolah terhadap hasil belajar siswa dan 3) Pengaruh cara belajar dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batang Anai yang berjumlah 178 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proportional random sampling sehingga didapatkan 64 siswa. Analisa data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan cara belajar terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Anai dengan persamaan regresi = 40,582 + 0,802X1 dan thitung> ttabel (2,759 > 1,669), kontribusi sangat kecil dan pengaruh iklim sekolah terhadap hasil belajar termasuk kategori rendah, (2) terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Anai dengan persamaan regresi = 28,018+ 0,759X2 dan thitung> ttabel (2,631 > 1,669), dengan kontribusi sangat kecil dan pengaruh iklim sekolah terhadap hasil belajar termasuk kategori rendah dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan cara belajar dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Anai dengan persamaan regresi = -1,173 + 0,771X1 + 0,724X2 dan F hitung > F tabel (7,684 > 3,147), kontribusi kecil, pengaruh cara belajar dan iklim sekolah terhadap hasil belajar termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 13 Jul 2018 03:32
Last Modified: 13 Jul 2018 03:32
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item