Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Penerapan Sapta Pesona Objek Wisata Pantai Pasir Jambak Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Arif, Rahman (2018) Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Penerapan Sapta Pesona Objek Wisata Pantai Pasir Jambak Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13030138 ARIF RAFMAN ok plip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data, mengolah, menganalisis dan mengkaji tentang partisipasi masyarakat lokal dalam penerapan sapta pesona objek wisata Pantai Pasir Jambak Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dengan variabel diantaranya; 1) Keamanan, 2)Ketertiban, 3) Kebersihan, 4) Kesejukan, 5) Keindahan, 6) Keramah – tamahan dan 7) Kenangan. Jenis Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk yang bertempat tinggal dan disekitar Kawasan Objek wisata Pantai Pasir Jambak, tepatnya di RW VII Kelurahan Pasie Nan Tigo yang berjumlah 744 orang. Sampel responden ditentukan dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dengan proporsi 10% dari jumlah populasi, sehingga didapatkan sampel sebanyak 74 orang dan 9 orang informan. Pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada data kuantitatif berupa deskriptif dalam bentuk persentase dan Analisis kualitatif melalui wawancara terhadap informan. Partisipasi masyarakat lokal dalam penerapan sapta pesona objek wisata Pantai Pasir Jambak Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dilihat dari: 1) keamanan tergolong baik dengan persentase 73.90%, bahwa pemuda setempat saling menjaga keamanan dan pelaku tindakan kejahatan diberi sanksi yang tegas. 2) Ketertiban tergolong baik dengan persentase 71.65%, bahwa masyarakat melayani pengunjung dengan baik dan memberikan informasi yang benar kepada pengunjung. 3) kebersihan tergolong baik dengan persentase 72.28%, bahwa masyarakat ikut menjaga kebersihan lingkungan, makanan dan minuman yang disajikan bersih dan memakai pakaian yang bersih dan sopan 4) kesejukan tergolong baik dengan persentase 68.01%, bahwa masyarakat ikut memelihara kelestarian lingkungan dan ikut melakukan reboisasi. 5) keindahan tergolong baik dengan persentase 70.67%, bahwa masyarakat menjaga keindahan Pantai Pasir Jambak, dan sudah mulai menata letak pondok agar tersusun rapi dan mulai menata warna 6) keramah-tamahan tergolong baik dengan persentase 77.83%, bahwa masyarakat melayani pengunjung dengan ramah, menggunakan bahasa yang baik dan membantu pengunjung yang membutuhkan bantuan. dan 7) kenangan tergolong baik dengan persentase 71.03%, bahwa masyarakat menyediakan makanan khas seperti rakik maco, samba lauk pukek dan palai bada, menyediakan souvenir yang berasal dari kerajinan tangan dan memberikan pelayanan akomodasi yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 13 Jul 2018 03:00
Last Modified: 13 Jul 2018 03:00
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item