Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Nyarai Di Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.

Yollanda, Muktya (2018) Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Nyarai Di Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13030134 YOLLANDA MUKTYA ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Nyarai Di Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman yang dapat di lihat dari: 1) kekuatan objek wisata air terjun nyarai, 2) kelemahan objek wisata air terjun nyarai, 3) peluang objek wisata air terjun nyarai, 4) ancaman objek wisata air terjun nyarai dan 5) strategi dalam pengembangan objek wisata air terjun nyarai. Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian kualitatif. Cara pengambilan informan digunakan adalah sampling incidental. Teknik analisa data mengunakan Reduksi Data, Display data Interprestasi Data, Penarikan kesimpulan dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: 1) Kekuatan (Stengths) yaitu panorama alam yang indah berupa kolam besar dengan air bewarna kehijauan, udara sejuk, sumber daya alam yang masih alami dan adanya bumi perkemahan. 2) Kelemahan (Weakness) yaitu sarana dan prasarana yang masih kurang, kondisi kebersihan yang masih kurang terjaga, Promosi masih sederhana. 3) Peluang (opportunities) yaitu kerjasama dengan pemerintah setempat, dukungan penduduk dalam pengembangan objek wisata air terjun nyarai, dampak pariwisata terhadap pendapatan masyarakat. 4) Ancaman (Threats) yaitu daya saing dengan obyek wisata lain, perilaku wisatawan yang merusak lingkungan. 5) Strategi pengembangan objek wisata air terjun nyarai di masa yang akan datang yaitu meningkatkan kerjasama antara pengelola, penduduk, dan pemerintah setempat untuk pengembangan wisata, meningkatkan manajemen pengelolaan wisata untuk kemajuan pariwisata di masa yang akan datang, perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana yang belum optimal, meningkatkan promosi objek wisata air terjun nyarai, membuat tata tertib dan peraturan di obyek wisata untuk kenyamanan dan keamanan wisatawan, meningkatkan dan melestarikan potensi yang dimiliki oleh objek wisata air terjun nyarai, menambah sarana dan prasarana camping area dan outbound agar lebih menarik, meningkatkan kebersihan di lokasi wisata untuk kenyamanan wisatawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 13 Jul 2018 02:54
Last Modified: 13 Jul 2018 02:54
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item