Hubungan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri1 2 Sijunjung

Gianda, Pitra (2018) Hubungan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri1 2 Sijunjung. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080083 GIANDA PITRA ok flipp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh beberapa hal antara lain. Pertama, pemahaman siswa mengenai sinonim, antonim, menunjukan benda, memilih kata sesuai makna masih rendah. Kedua, siswa sulit mengembangkan ide dalam menulis teks anekdot sehingga tulisan siswa yang dihasilkan tidak sesuai dengan ide atau gagasan yang dipikirkan. Ketiga, guru kurang bisa menciptakan suasana yang konduksif sehingga siswa tidak fokus pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung. Kedua, keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung. Ketiga, Hubungan Penguasaan Kosakata dengan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 yang berjumlah 103 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, alasan menggunakan simple random sampling ialah pengambilan sampel dan anggota populasi dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata dalam anggota populasi sampel penelitian adalah kelas X.4 berjumlah 27 orang. Variabel penelitian ini adalah penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung dan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung. Instrumen pada penelitian ini adalah soal dan tes unjuk kerja. soal digunakan untuk mengumpulkan data penguasaan kosakata sebanyak 60 butir sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis teks anekdot. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga kesimpulan sebagai berikut ini. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung diperoleh nilai rata-rata 73,263 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LDC). Kedua, kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 2 diperoleh nilai rata-rata 71,8107 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi ] lebih dari cukup (LDC). Ketiga, berdasarkan uji-t, H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2, karena thitung<ttabel yaitu 2,17<1,71. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA N 2 Sijunjung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 12 Jul 2018 09:52
Last Modified: 12 Jul 2018 09:52
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item