Penggunaan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IXA SMP Negeri 2 Talamau Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017

Meldawati, Meldawati (2018) Penggunaan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IXA SMP Negeri 2 Talamau Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Seminar Nasional Dinamika dan ImplementasiKurikulum 2013 (191). pp. 191-219. ISSN 2620-603X

[img] Text
2420-6563-1-SM.pdf

Download (980kB)

Abstract

Guru dalam menyampaikan materi masih menggunakan metode ceramah dan tanpa bantuan media pembelajaran. Metode ini membuat kegiatan belajar mengajar di kelas lebih terfokus pada guru, sehingga partisipasi siswa di dalam kelas kurang aktif dan siswa cenderung menjadi pasif. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPS masih tergolong rendah, dilihat dari hasil pembelajaran dikelas IXA masih banyak siswa yang belum tuntas, Rendahnya hasil belajar IPS disebabkan kurangnya keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran yang ditandai kurangnya pehatian siswa pada saat mengikuti pelajaran. Dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran agar efektif dan fungsional, maka fungsi metode pembelajaran sangat penting untuk dimanfaatkan. Pemakaian metode yang tepat dalam proses pembelajaran dimaksudkan untuk mempermudah daya cerna siswa terhadap materi pembelajaran yang diberikan. Metode pengajaran yang digunakan oleh guru kelas IXA dalam mengajarkan IPS sering menggunakan metode ceramah yang lebih terpusat pada guru yaitu lebih banyak guru yang aktif dan siswa yang pasif. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa banyak yang belummencapai Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM ≤ 70).Dari hasil pra siklus ditemukan ada 5 siswa yang tuntas (26,31%). Berdasarkan temuan tersebut maka dilakukan perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode Picture And Picture. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu : “Apakahpenggunaan metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar IPS dengan menggunakan metode Picture and Picture bagi siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Talamau semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah siswa kelas IXA yang menjadi subyek penelitian sebanyak 19 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan melalui 2 siklus. Pada siklus Idilakukan 2 kali pertemuan (4 x 40 menit), dan pada siklus II dilakukan 2 kali pertemuan (4 x 40 menit). Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar pada tiap siklus. Peningkatan ketuntasan belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada tahap pra siklus hanya terdapat 5 siswa yang telah tuntas dalam belajarnya atau 26,32%, pada siklus I pertemuan 1 ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 8 siswa yang tuntas dalam belajarnya atau 42,11% dan pada siklus I pertemuan 2 siswa yang tuntas menjadi 12 siswa (63,16%). Padasiklus II tindakan perbaikan lanjut, hasil belajar pada siklus II pertemuan 1 siswa yang tuntas menjadi 14 siswa (73,68%) dan pada siklus II pertemuan 2 siswa meningkat menjadi 100 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IXA SMP Negeri 2 Talamau semester 1 TahunPelajaran 2016/2017.

Item Type: Article
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: mrs Meldawati Meldawati
Date Deposited: 01 Dec 2018 11:29
Last Modified: 28 Feb 2019 06:50
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3712

Actions (login required)

View Item View Item