Pengaruh Model Pembelajaran Roundtable terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN Negeri 12 Padang

Pidrawati, Pidrawati (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Roundtable terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN Negeri 12 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080070 PIDRAWATI ok flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam menulis khususnya dalam menulis teks eksplanasi. Untuk melatih siswa agar terampil menulis digunakan lah model pembelajaran roundtable. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 12 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran roundtable. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 12 Padang setelah menggunakan model pembelajaran roundtable. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran roundtable terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ekperimen, metode eksperimen yang digunakan adalah pre-eksperimen desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 120 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 dengan jumlah siswa 30 orang. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Roundtable sebagai variabel bebas dan variabel terikat keterampilan menulis teks eksplanasi. Data pada penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, rata-rata hitung keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran roundtable adalah 64,17 sudah dikatakan berkualifikasi sedang. Kedua, rata-rata hitung keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang setelah menggunakan model pembelajaran roundtable adalah 79,93 sudah berkualifikasi baik. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran roundtable siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang karena thitung 5,37> ttabel 1,7.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 12 Jul 2018 07:35
Last Modified: 12 Jul 2018 07:35
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item