Hubungan Fasilitas Belajar Dan Waktu Belajar Di Rumah Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTsN 2 Pasaman Barat,

Miftahul, Hasanah (2018) Hubungan Fasilitas Belajar Dan Waktu Belajar Di Rumah Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTsN 2 Pasaman Barat,. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13030077 MIETAHUL HASANAH ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsN 2 Pasaman Barat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya fasilitas belajar, kurangnya waktu belajar dalam kehidupan sehari-harinya, yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan bagaimana (1) hubungan fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTsN 2 Pasaman Barat, (2) hubungan waktu belajar di rumah dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTsN 2 Pasaman Barat, (3) hubungan fasilitas belajar dan waktu belajar di rumah secara bersama-sama dengan dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTsN 2 Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Pasaman Barat tahun ajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 237 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 orang siswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel yaitu dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Analisis data digunakan dengan dua cara yaitu analisis deskriptif dan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,148 dan nilai thitung 3,980 > ttabel 0,244 dengan nilai sig 0,001 < α 0,05. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara waktu belajar di rumah dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,117 dan nilai thitung 3,975 > ttabel 0,244 dengan sig 0,002 < α 0,05. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan waktu belajar di rumah secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,978 dan nilai Fhitung 0,557 > Ftabel 0,244 dan sig 0,000 < α 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar dan waktu belajar di rumah memiliki hubungan dengan hasil belajar, semakin baik fasilitas belajar dalam proses pembelajaran dirumah, semakin baik mengatur waktu belajar di rumah, maka hasil belajar akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 12 Jul 2018 06:47
Last Modified: 12 Jul 2018 06:47
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item View Item