Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Larasati, Kumala Dewi (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080053 Larasati Kumala Dewi ok Flipping.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa merasa takut bertanya karena tidak terbiasa, siswa kurang aktif berbagi pengetahuan dengan temannya, kurangnya partisispasi siswa, kurangnya minat menulis siswa, dan siswa kesulitan menuangkan ide dalam bentuk tulisan karena kurang suka pembelajaran menulis, salah satunya teks negosiasi. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, mendeskripsikan kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sitiung yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 284 orang dan sampel berjumlah 32 orang dengan teknik penarikan sampel Pusposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model STAD dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu menulis teks negosiasi. Hasil penelitian ini adalah, pertama, kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri I Sitiung sebelum menggunakan model pembelajaran STAD secara keseluruhan memperoleh rata-rata hitung sebesar 63,96 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup (c). Kedua, kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri I Sitiung sesudah menggunakan model pembelajaran STAD secara keseluruhan memperoleh rata-rata hitung sebesar 70,41 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup (ldc). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran STAD dalam kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMAN I Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (2,79) > ttabel (1,70), sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 12 Jul 2018 06:02
Last Modified: 12 Jul 2018 06:02
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item