Pengaruh Penggunaan Teknik Inquiry terhadap Kemampuan Menemukan Pokok-Pokok Berita Siswa Kelas VIII SMPN 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan

Tria, Ningsih (2018) Pengaruh Penggunaan Teknik Inquiry terhadap Kemampuan Menemukan Pokok-Pokok Berita Siswa Kelas VIII SMPN 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080048 TRIA NINGSIH ok Flipping.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat dan kemauan siswa dalam belajar masih kurang, kurangnya sarana dan prasarana, teknik pembelajaran yang tidak bervariasi, siswasulit dalam menentukan unsur 5W + 1H, siswa susah mengungkapkan gagasan untuk menentukan setiap unsur dalam bentuk tulisan. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menemukan pokok-pokok berita siswa kelas VIII SMPN 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan teknik Inquiry, mendeskripsikan kemampuan menemukan pokok-pokok berita siswa kelas VIII SMPN 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan teknik Inquiry, dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Inquiry terhadap kemampuan menemukan pokokpokok berita siswa kelas VIII SMPN 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Lunang yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 179 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D yang berjumlah 26 orang (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII-E yang berjumlah 26 orang (kelas kontrol). Variabel penelitian ini adalah teknik Inquiry sebagai variabel bebas dan kemampuan menemukan pokokpokok berita sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja kemampuan menemukan pokok-pokok berita siswa kelas VIII SMPN 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan menemukan pokok-pokok berita siswa kelas VIII SMPN I Lunang tanpa menggunakan teknik Inquiry secara keseluruhan memperoleh rata-rata hitung sebesar 65,76 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi Cukup (C). Kedua, kemampuan menemukan pokok-pokok berita siswa kelas VIII SMPN I Lunang dengan menggunakan teknik Inquiry secara keseluruhan memperoleh rata-rata hitung sebesar 77,31 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan teknik Inquiry dalam kemampuan menemukan pokok-pokok berita siswa kelas VIII SMPN I Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (3,03) > ttabel (1,71).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 12 Jul 2018 05:27
Last Modified: 12 Jul 2018 05:27
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item