Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Modelling The Way Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Membacakan Berita Siswa Kelas XI SMA Negeri Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Williyan, Novita Sari (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Modelling The Way Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Membacakan Berita Siswa Kelas XI SMA Negeri Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080046 WILLIYAN NOVITA SARI ok flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor, faktor dari siswa dan faktor dari guru, hal ini dapat dilihat dari keterampilan siswa sangat rendah sekali dalam membacakan berita. Siswa pada dasarnya kurang paham dengan materi membacakan berita, karena guru kurang memberikan variasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Siswa mengalami kendala saat membacakan berita di depan kelas. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membacaan berita siswa tanpa menggunakan model pembelajaran dan dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way berbantuan media audio visual dan pengaruh penggunaan model pembelajaran Modelling The Way berbantuan media audio visual terhadap keterampilan membacakan berita siswa kelas XI SMA negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah the randomized posttest only control group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 SMA Negeri 2 Batang Kapas yang berjumlah 60 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan membacakan berita tanpa menggunakan model pembelajaran dan dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way berbantuan media audio visual siswa kelas XI SMA negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan membacakan berita tanpa menggunakan dan dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way berbantuan media audio visual dapat disimpulkan sebagai berikut. Tingkat keterampilan membacakan berita siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Kapas tanpa menggunakan model pembelajaran Modelling The Way memperoleh nilai rata-rata 61,85 dengan klasifikasi 56 – 65% yaitu Cukup. Tingkat keterampilan membacakan berita dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way berbantuan media audio visual siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Kapas memperoleh nilai rata-rata 76,29 dengan klasifikasi 76–85% yaitu baik. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran Modelling The Way berbantuan media audio visual siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Kapas karena thitung>ttabel (3,47>1,67).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:54
Last Modified: 12 Jul 2018 04:54
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item