Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman

Irma, Susinta (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080042 IRMA SUSINTA NST oke Flipping.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat dan kemauan siswa dalam belajar mengenai karangan narasi masih kurang, nilai menulis narasi dari sebagian siswa masih rendah, teknik pembelajaran yang tidak bervariasi, siswa lebih menyukai materi pelajaran yang lain dibandingkan materi pelajaran tentang karangan narasi, siswa kurang memahami tentang langkah-langkah dalam menulis karangan narasi, siswa kesulitan dalam menentukan ide pokok untuk dikembangkan menjadi sebuah karangan narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe listening team terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Design penelitian Posttest-Only Control Design. Teknik penarikan sampel adalah Simple Random Sampling, Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe listening team dan variabel terikat adalah keterampilan menulis karangan narasi. Data penelitian ini adalah skor keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe listening team adalah 70,51 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe listening team adalah 79,2 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe listening team terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman karena (2,48) > (1,71).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:03
Last Modified: 12 Jul 2018 04:03
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item