Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMAN 2 Batang Kapas

Maidil, Kifli (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMAN 2 Batang Kapas. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13030023 MAIDIL KIFLI Ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurannya minat siswa dalam pembelajaran Geografi. Beberapa faktor yang ditemukan di lapangan adalah kurangnya motivasi belajar siswa, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru, serta kurangnya minat siswa mengikuti pembelajaran Geografi. Oleh sebab itu perlu penerapan suatu model pembelajaran yang dapat memicu semangat dan pemahaman terhadap materi pelajaran, yaitu dengan menerapkan model problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (quasy-experimental research). Rancangan atau desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized control group only design. Populasi dalam pembelajaran adalah sisiwa kelas XI SMA Negeri 2 Batang Kapas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Untuk menganalisis data hasil penelitian tersebut digunakan analisis deskriptif dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI dengan∝penerapan0,05 model pembelajaran problem solving dengan hasil belajar Geografi siswa kelas konvensional dengan t-hitung 8,49 lebih besar dibandingkan t-tabel sebesar 2,11. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu sebesar 85,27, sedangkan hasil belajar kelas kontrol hanya 79,78.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 12 Jul 2018 02:56
Last Modified: 12 Jul 2018 02:56
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item