Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Pencemaran Udara Untuk Kelas VII SMP

Aulia, Rahma (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Pencemaran Udara Untuk Kelas VII SMP. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (8kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
11010134 AULIA RAHMA ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Pembelajaran biologi (IPA) adalah pembelajaran yang dapat dipelajari dengan lebih mudah jika memanfaatkan lingkungan di sekitar, dan memerlukan bahan ajar yang tepat agar bisa memudahkan siswa ataupun guru dalam prosesnya, tapi di sekolah guru menggunakan LKPD yang kurang sesuai dengan tuntutan SK dan KD. Guru juga kurang memanfaatkan lingkungan dalam pembelajaran biologi, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Salah satu materi pembelajaran biologi yang perlu untuk dikaitkan dengan lingkungan atau kehidupan sehari-hari adalah materi pencemaran udara, untuk itu dikembangkanlah LKPD berbasis kontekstual pada materi pencemaran udara. Penelitian ini bertujuan untuk membuat LKPD yang valid, dan untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas LKPD berbasis kontekstual pada materi pencemaran udara untuk kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan Model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu tahap Analisys (analisa), Design (perancangan), Delevop (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Data yang diperoleh dari pengisian angket, dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian berupa LKPD berbasis kontekstual pada materi pencemaran udara. Rata-rata Hasil validasi dari dosen, guru dan 3 orang siswa dari uji perorangan adalah 88,68% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas dari guru rata-rata adalah 91,11% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa rata-rata adalah 89,63% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas dilihat dari aktivitas belajar siswa rata-rata adalah 78,33% (dengan kriteria efektif), dan motivasi belajar siswa rata-rata adalah 91,79%, (sangat efektif). Hasil belajar siswa juga efektif, yaitu rata-rata pre-test 35,79 dan rata-rata post-test 73,95 dengan 65% siswa yang tuntas. Berdasarkan uji t didapatkan peningkatan hasil belajar yang signifikan, yaitu dengan nilai thitung 12,81 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel 1%=2,84 serta ttabel 5%=2,09. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 30 Jun 2018 02:55
Last Modified: 02 Jul 2018 04:12
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item View Item