Upaya Perangkat Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Di SMP N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.

Eka Ganjar, Astuti (2018) Upaya Perangkat Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Di SMP N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13030022 EKA GANJAR ASTUTI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami masalah dengan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu, Upaya wakil kepala sekolah dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu, Upaya guru bidang studi dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu, Upaya guru BK dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu, Upaya siswa dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah perangkat sekolah SMP N 1 Kinali Kab. Pasaman Barat yang diambil secara purposive sampling yang terdiri dari, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS Terpadu, guru BK dan, siswa/siswi SMP N I Kinali. Analisis data pada penelitian ini dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitaian ini (1) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu berupa penyelarasan pelaksanaan kurikulum, pemberian motivasi siswa pada setiap kesempatan, peningkatan disiplin kepada seluruh warga sekolah (2) Upaya yang dilakukan oleh wakil kepala sekolah dengan cara melengkapi sarana dan prasarana sekolah untuk mendukung kelanncaran proses pembelajaran (3) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara melakukan pendekatan dengan siswa dan menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk siswa (4) Upaya yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan hasil belajar siswanya dengan cara memberikan layanan konseling yang dibutuhkan oleh siswa (5) Upaya yang dilakukan oleh siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya adalah dengan cara meningkatkan aktifitas belajarnya dan lebih memperhatikan penyampaian materi yang dilakukan oleh guru bidang studi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 12 Jul 2018 02:33
Last Modified: 12 Jul 2018 02:33
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item