Kemampuan Guru sebagai Fasilitator dalam Proses Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Rao Utara Kabupaten Pasaman

Afriyan, Rizal (2018) Kemampuan Guru sebagai Fasilitator dalam Proses Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Rao Utara Kabupaten Pasaman. Masters thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11020052 AFRIYAN NIZAL ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak.doc

Download (39kB)
[img] Text (Kesimpulan)
kesimpulan.doc

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.doc

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi guru belum menjalankan perannya sebagai fasilitator sebagaimana yang mesti dilakukannya. Hal ini terlihat saat pembelajaran sejarah, guru tidak mengusahakan sumber belajar yang berguna serta dapat menunjang pencapaian tujuan dan proses belajar mengajar seperti buku teks. Temuan lainnya adalah rendahnya nilai mata pelajaran sejarah siswa kelas X, hal ini penulis asumsikan akibat tidak berjalannya peran guru sebagai fasilitator. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Rao Utara Kabupaten Pasaman. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kemampuan guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Rao Utara Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan studi evaluatif. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA N 1 Rao Utara Kabupaten Pasaman dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017-2018. Informan penelitian adalah guru Sejarah mata pelajaran kelas X, wakil kepala sekolah, kepala sekolah dan siswa kelas X SMA N 1 Rao Utara Kabupaten Pasaman. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru fasilitator dalam proses pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Rao Utara Kabupaten Pasaman yaitu: 1) Menyiapkan bahan pelajaran berupa buku, karena keterbatasan sarana yang dimiliki oleh sekolah, 2) Memberikan pelayanan dengan menyajikan materi melalui media, tetapi guru tidak selalu menggunakan media pembelajaran. Hal ini disebabkan di sekolah memang belum tersedia media dan sumber belajar secara lengkap dan 3) Memberikan layanan dalam memberikan bimbingan pada siswa yang kesulitan dalam belajar dan memberikan layanan pada siswa dengan cara memahami tentang gaya belajar dan kebiasaan belajar siswa serta pemahaman tentang potensi dan bakat yang dimiliki oleh siswa. Guru memberikan layanan secara berkelompok adalah agar siswa dapat mengerti dengan baik pelajaran yang sudah diterangkan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Rao Utara Kabupaten Pasaman dan bahan ajar layak untuk digunakan karena sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, keakuratan materi dan materi pendukung pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 30 Jun 2018 02:04
Last Modified: 30 Jun 2018 03:02
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item