Kerja Sama Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Pembangunan Nagari Di Nagari Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan,

Andi, Fernandes (2018) Kerja Sama Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Pembangunan Nagari Di Nagari Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan,. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13030017 ANDI FERNANDES ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang Kerja Sama Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Pembangunan Nagari Di Nagari Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan dilihat dari: 1) Bentuk Pembangunan, (2) bentuk kerja sama masyarakat dan pemerintah dalam kegiatan pembangunan, (3) faktor penyebab tidak berjalannya proses komunikasi masyarakat dan pemerintah dalam pembangunan, (4) kendala yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat dalam pelaksanaan kerja sama, dan (4) faktor penyebab kurangnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di Nagari Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 17 orang meliputi Wali Nagari, dan masyarakat sedangkan informan kunci adalah Wali Nagari Lunang dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keakuran data diuji dengan menggunakan triangulasi data, data dikumpulkan dengan menggunakan snowball sampling. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk Pembangunan fisik Di Nagari adalah (a) pembangunan jembatan baja, (b) renopasi jembatan gantung, dan (c) pengerasan jalan, 2) Bentuk kerja sama masyarakat dan pemerintah dalam kegiatan pembangunan di Nagari adalah dalam bentuk kegiatan gotong royong, 3) Faktor penyebab tidak berjalannya proses komunikasi masyarakat dan pemerintah dalam pembangunan di Nagari adalah (a) kurangnya kepedulian masyarakat terhadap pembangunan, (b) terbatasnya alat komunikasi dalam menunjang kerja sama, (4) kendala yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat dalam pelaksanaan kerja sama di Nagari adalah, (a) kurangya rekan kerja dari pihak pemerintah untuk mengawasi pembangunan, (b) kurang partisipasi masyarakat untuk melakukan kegiatan gotong royong, dan (c) kuranya pengetahuan masyarakat tentang pembangunan, 5) faktor penyebab kurangnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di Nagari adalah (a) kurangnya ajakan yang dilakukan oleh pemerintah Nagari, (b) kurangnya kesadaran masyarakat untuk ikut serta dalam pelaksanaan pembangunan. Kata kunci: kerja sama, masyarakat, pemerintah dan pembangunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 11 Jul 2018 08:54
Last Modified: 11 Jul 2018 09:21
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item