Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman

Mella, Fitri Andriani (2018) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080029 MELLA FITRI ANDRIANI Oke Flipping.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi digunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman, dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 128 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 23 siswa. Variabel penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL) sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks eksplanasi sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman adalah 55,43 pada rentangan 55-65% dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman adalah 71,38 pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman dengan thitung > ttabel (5,98> 1,72).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 11 Jul 2018 06:34
Last Modified: 11 Jul 2018 06:34
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item