Hubungan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP N2 Solok Selatan

Roza Febriani, Roza (2017) Hubungan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP N2 Solok Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
SKRIPSI ROZA FEBRIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (284kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (183kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat hal sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata yang terlalu sedikit disebabkan oleh guru yang dalam proses pembelajaran sering menggunakan bahasa yang campur kode selain itu, bahasa ibu yang juga mempengaruhi dalam pergaulan sehari-hari, sehingga pengusaan kosakata siswa sedikit dalam menulis naskah drama. Kedua, kurangnya minat baca siswa disebabkan oleh buku bacaan atau buku pelajaran terlalu sedikit di sekolah, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menulis terutama menulis naskah drama. Ketiga, kurangnya motivasi untuk membaca disebabkan oleh keterbatasan fasilitas yang dimiliki sekolah misalnya buku bacaan yang kurang tentang menulis naskah drama dan juga motivasi dari gurunya. Keempat,siswa tersebut terlalu pasif dalam menerima pelajaran. Kepasifan tersebut disebabkan oleh siswa hanya menerima apa saja yang di berikan oleh guru sehingga terjadi keterbatasan kosakata yang dimiliki dan mengalami kesulitan dalam menulis naskah drama.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Solok Selatan yang berjumlah 111 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling, sampel berjumlah 27 orang. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang diteliti untuk dikorelasikan, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah penguasaan kosakata (X) dan variabel terikat adalah kemampuan menulis naskah drama satu babak (Y). Tujuan pada penelitian ini, sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP N 2 Solok Selatan. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP N 2 Solok Selatan. Ketiga, mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan penguasaan kosakata terdapat kemampuan menulis naskah drama kelas VIII SMP N 2 Solok Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP N 2 Solok Selatan berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai 76,63. Kedua, kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP N 2 Solok Selatan berada pada kualifikasi cukup (C) dengan nilai 60,50. Ketiga, terdapat hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP N 2 Solok Selatan karena thitung ˃ ttabel. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP N 2 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 23 Nov 2018 02:41
Last Modified: 23 Nov 2018 02:42
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item View Item