Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman

Mira, Andani (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Skripsi Lengkap)
13080022 MIRA ANDANI oke Flipping.pdf

Download (30MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya keterampilan siswa dalam menulis teks cerita fantasi. Salah satu model yang dapat mengatasi permasalahan rendahnya keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasy-experimental research). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 125 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol sebanyak 25 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 25 siswa. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks cerita fantasi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerita fantasi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman adalah 64,27 dengan kualifikasi cukup (C). Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman adalah 79,47 dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pasaman dengan thitung > ttabel (5,10 >1,67).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 11 Jul 2018 05:17
Last Modified: 11 Jul 2018 05:17
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item