Pengaruh Model Example non Example terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan

Meriani, Fitri (2018) Pengaruh Model Example non Example terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080021 MERIANI FITRI oke Flipping.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal sebagai berikut. Pertama, kurangnya pemahaman dan keterampilan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi. Kedua, kurangnya pengetahuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi dan siswa kesulitan dalam menentukan topik serta kalimat dan kosakata yang digunakan siswa kurang efektif. Ketiga, teknik ceramah yang digunakan guru hanya berpengaruh kepada sebagian siswa saja. Untuk melatih siswa agar terampil dalam menulis teks laporan hasil observasi digunakan model example non example dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi tanpa menggunakan model example non example siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan, medeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model example non example siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan, dan mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh model example non example dalam keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 sebanayak 225 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simpel random sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPS3 sebagai kelas kontrol sebanyak 25 siswa dan kelas XIPS2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 siswa. Variabel penelitian ini adalah model example non example sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis teks laporan hasil observasi tanpa menggunakan model example non example siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan adalah 74,67 dengan kualifikasi lebih dari cukup. Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model example non example siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan adalah 84,89 dengan kualifikasi baik sekali. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model example non example terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan dengan thitung > ttabel (2,47 >1,67).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:54
Last Modified: 11 Jul 2018 04:54
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item