“Studi Perkembangan Kenagarian Koto Besar Pasca Pemekaran Dari Kecamatan Sungai Rumbai Di Kabupaten Dharmasraya”.

Dodi, Saputra (2016) “Studi Perkembangan Kenagarian Koto Besar Pasca Pemekaran Dari Kecamatan Sungai Rumbai Di Kabupaten Dharmasraya”. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text
12030185 DODI SAPUTRA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Kesimpulan.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data, informasi dan gambaran mengenai study perkembangan kenagarian koto besar pasca pemekaran dari kecamatan Sungai Rumbai di kabupaten dharmasraya dilihat dari: 1) pelayanan publik, 2) pembangunan insfratruktur dan 3) perkembangan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di kenagarian Koto Besar yaitu kepala keluarga (KK) yang berjumlah 304 kepala keluarga. Sampel penelitian ini diambil dengan metode proposional random sampling dengan proposi 25% sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 KK. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) perkembangan kenagarian Koto Besar pasca pemekaran dari kecamatan sungai rumbai dilihat dari pelayanan publik. Telah tersedianya tempat pelayanan kesehatan yang memadai dan tersedianya fasilitas kesehatan seperti ruang pengobatan dan pasokan air dan listrik yang memadai. Pelayanan yang diberikan dengan ramah dan sudah mulai dibuka 24 jam untuk melayani masyarakat. Begitu juga dengan pelayanan administrasi pemerintahan yang sudah bisa melayani keperluan masyarakat dalam pembuatan KTP dan KK.2) Perkembangan Kenagarian Koto Besar dilihat dari pembangunan insfratruktur. Adanya perkembangan pembangunan insfrtaruktur seperti pemebangunan jalan yang sudah lebih baik, yang dulunya jalan semen namun sekarang sudah aspal. Dan adanya pembaharuan pemabangunan fasilitas umum lainya seperti pembangunan gedung sekolah, pembangunan kantor Wali Nagari dan Kantor Kecamatan.3) Perkembangan Kenagarian Koto Besar dilihat dari perkembangan pendidikan. Tempat berdiri sekolah dan luas lokasi pembangunan sekolah sudah layak untuk penempatan sekolah. Adanya pembaharuan pembangunan gedung sekolah dan sudah mulai lengkapnya fasilitas sekolah. Sudah mulai terpenuhinya tenaga pengajar pada setiap sekolah dan mudahnya menjangkau kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 16 Nov 2018 09:34
Last Modified: 16 Nov 2018 09:34
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2892

Actions (login required)

View Item View Item